ABSTRAK
PENGELOLAAN PENDIDIKAN OLAHRAGA PERMAINAN BOLA VOLI YANG PRESTATIF. Tesis. Program Studi Manajemen
Pendidikan Program Pascasarjana Universitas xxxx
Penelitian
ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan karakteristik perencanaan pendidikan olahraga
bola voli prestatif di SMP xxx, (2) Mendeskripsikan karakteristik pelaksanaan dan
pengembangan olahraga bola voli prestatif di SMP xxxx sebagai
kegiatan ekstra kurikuler. (3) Mendeskripsikan karakteristik evaluasi olahraga bola voli prestatif di SMP xxxx. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif,
dan desain penelitian ini adalah desain penelitian deskriptif kualitatif.
Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan metode observasi, metode
wawancara, dan metode dokumentasi dalam mengumpulkan data serta informasi guna
mendukung jalannya proses penelitian. Sumber data dari penelitian ini adalah siswa
/ atlit bola voli SMP xxxx, pelatih, dan guru olahraga di SMP xxxx. Data divalidasi dengan menggunakan trianggulasi data.
Hasil
penelitian adalah : 1) Perencanaan pendidikan olahraga bola voli prestatif di SMP xxxx dilakukan dengan matang. Setiap pelatih pada pendidikan olahraga bola voli di SMP xxxx
harus mengetahui unsur-unsur perencanaan pelatihan yang baik, antara lain:
mengidentifikasi kebutuhan siswa, tujuan yang hendak dicapai, berbagai target
dan strategi latihan yang relevan digunakan untuk mencapai tujuan dan evaluasi.
Dalam merencanakan pendidikan olahraga bola voli di SMP xxxx,
pelatih menyusun program latihan, menentukan target latihan, membentuk kelompok-kelompok
latihan berdasarkan jenis kelamin dan usia atau kelas. 2) Pelaksanaan
dan pengembangan olahraga bola voli sebagai kegiatan ekstra kurikuler di SMP xxxx ditunjang dengan adanya faktor-faktor yaitu; materi
pelatihan yang jelas dan terarah, strategi dan program pelatihan yang teratur,
terarah, dan menyesuaikan panduan dan target pelatihan, interaksi pelatih dan
siswa yang baik, pelatih yang kompeten dan siswa yang memiliki motivasi tinggi.
3) Evaluasi sangat diperlukan untuk mengetahui perkembangan kemampuan siswa /
atlit secara psikomotorik, afektif, maupun kognitif. Kemudian pelatih akan memberitahu siswa / atlit
letak kemampuan mereka terhadap grafik kemampuan fisik, dan memberikan arahan
dan bimbingan agar kemampuan siswa dapat lebih meningkat lagi. Evaluasi
teknik meliputi teknik meningkatkan kemampuan fisik dan teknik permainan bola
voli.
.
Kata Kunci: pengelolaan, pendidikan olahraga,
permainan bola voli prestatif
Tidak ada komentar:
Posting Komentar